Mayat Hidup atau Zombie, Fakta apa Mitos ?

Salah satu legenda yang hingga kini masih menjadi tanda tanya tentang kebenarannya adalah zombie. Keberadaan mitos yang satu ini bahkan seolah sudah memasuki kehidupan manusia sebagai mahluk yang nyata adanya. Kamu bisa menemukan zombie di film-film, novel, dan games. Lantas, dari manakah sebenarnya zombie ini berasal?
zombie masa kini

Zombie sebenarnya berasal dan muncul dari pulau Haiti di Karibia. Zombie-zombie ini berasal dari orang-orang yang sudah mati, lalu dihidupkan kembali oleh para dukun Voodoo.
Seperti halnya manusia, zombie mampu bergerak, berjalan, makan, mendengar, atau berbicara. Hanya saja, mereka tidak akan mengingat seperti apa mereka sebelumnya.
Keberadaan zombie diperkuat dengan adanya penemuan mengejutkan tentang mahluk tersebut. Seperti disebutkan dalam halaman en.wikipedia.org, pada tahun 1973 saat meneliti cerita rakyat di Haiti, Zora Neale Hurston menemui kasus munculnya seorang wanita yang dikabarkan sudah meninggal dan dikuburkan.
Menurut warga sekitar, wanita tersebut bernama Felicia Felix-Mentor yang pada tahun 1907 telah dinyatakan menginggal dunia. Hustron pun mencoba mencari kebenaran dari kasus yang ia temui ini—bahwa zombie merupakan manusia yang telah diberi ramuan obat-obatan oleh para dukun Voodoo. Sayangnya, ia tidak dapat menemukan orang yang mau memberitahu tentang rahasia zombie.
zombie suku voodoo

Setelah itu, mitos tentang zombie pun kian menyebar ke seluruh dunia. Bahkan, zombie mulai memasuki ranah imajinasi beberapa penulis. Salah satunya adalah Mary Shelley—penulis Frankenstein yang diterbitkan tahun 1818. Sedangkan di tahun 1931, sutradara bernama James Whale mengadaptasinya ke dalam film layar lebar dengan judul yang sama dengan novelnya.
Lantas, bagaimana menurut sobat sevped tentang zombie / mayat hidup itu mitos atau fakta ? Semua masih menjadi misteri.


Komentar Anda


Back To Top