Misteri dan Asal - Usul Hantu Leak Bali

7pedia - Salah satu legenda dan misteri yang terkenal di pulau dewata adalah leak Bali, dan bagi Anda yang belum mengetahui apa yang kami maksud, makhluk ini aslinya adalah seorang manusia yang melakukan praktek ilmu hitam dan berperilaku sebagai kanibalisme. Masyarakat Bali mengatakan bahwa hantu Leak Bali terbang untuk mencari seorang wanita yang sedang hamil untuk dihisap darah bayinya atau darah bayi yang baru lahir. Leak melakukan tersebut untuk bisa melengkapi kemampuan magis yang ia miliki. 

Menurut kepercayaan masyarakat Bali, leak Bali asli terdapat tiga leak legendaris. Di antaranya yaitu dua perempuan dan satu laki-laki. Penampakan leak Bali biasanya ditemukan di sekitar pemakaman yang mana hantu Bali ini selalu memakan mayat dan dapat mengubah dirinya menjadi berwujud binatang ataupun berwujud bola api atau raksasa yang gundul. Wujudnya memiliki lidah yang panjang dan taringnya besar.

leak bali terbang

Di siang hari ia muncul sebagai seorang manusia biasa, tapi pada malam hari kepalanya dan isi perut membebaskan diri dari tubuh mereka dan terbang di sekitar rakyat bali. Musuh yang kuat nya adalah Barong, karakter dalam mitologi Bali. Dia adalah raja dari roh-roh, pemimpin tuan rumah yang baik. Barong dan Rangda ada di urutan alam kosmos dan mewakili Baik dan Jahat. Baik Barong dan Rangda yang disemen dalam legenda Bali.

Leak memilik nama sebutan sendiri seperti misalnya leak Bali Sanur. Di Tabanan, terdapat satu pura yang berisikan patung-patung leak. Tapi tidak ada yang tahu apa nama pura tersebut. Orang hanya banyak yang mengatakan bahwa itu leak Bali Tabanan. Tidak hanya itu saja, ada beberapa sebutan nama leak lainnya, seperti leak Bali Karangasem.

Cerita leak dari versi lain 

Dalam mitologi Bali, yLeak adalah penihir jahat. Le artinya penyihir dan ak artinya jahat. Leak hanya bisa dilihat di malam hari oleh para dukun pemburu leak. Di siang hari ia tampak seperti manusia biasa, sedangkan pada malam hari ia berada di kuburan untuk mencari organ-organ dalam tubuh manusia yang digunakannya untuk membuat ramuan sihir. Ramuan sihir itu dapat mengubah bentuk leak menjadi seekor harimau, kera, babi atau menjadi seperti Rangda. 

Bila perlu ia juga dapat mengambil organ dari orang hidup. Diceritakan juga bahwa Leak dapat berupa kepala manusia dengan organ-organ yang masih menggantung di kepala tersebut. Leak dikatakan dapat terbang untuk mencari wanita hamil, untuk kemudian menghisap darah bayi yang masih di kandungan. Ada tiga leak yang terkenal. Dua di antaranya perempuan dan satu laki-laki.Menurut kepercayaan orang Bali, Leak adalah manusia biasa yang mempraktekkan sihir jahat dan membutuhkan darah embrio agar dapat hidup. Dikatakan juga bahwa Leak dapat mengubah diri menjadi babi atau bola api, sedangkan bentuk Leyak yang sesungguhnya memiliki lidah yang panjang dan gigi yang tajam.Beberapa orang mengatakan bahwa sihir Leak hanya berfungsi di pulau Bali, sehingga Leak hanya ditemukan di Bali.

leak bali


Apabila seseorang menusuk leher Leak dari bawah ke arah kepala pada saat kepalanya terpisah dari tubuhnya, maka Leak tidak dapat bersatu kembali dengan tubuhnya. Jika kepala tersebut terpisah pada jangka waktu tertentu, maka Leak akan mati.Topeng leak dengan gigi yang tajam dan lidah yang panjang juga kadang-kadang digunakan sebagai hiasan rumah. 

Gimana menurut sobat sevped sekalian ? Kalo kata mimin sih liat gambar ilustrasi nya aja udah serem banget, gimana liat langsung hehe. So.. selanjutnya mimin akan membahas tentang misteri barong dari Bali. Stay tune!

Komentar Anda


Back To Top