6 Hewan Berbadan Besar Yang Pernah Ada

Didalam dunia ini manusia tidak hidup sendirian, selain dengan tumbuh - tumbuhan manusia juga berdampingan hidup dengan Hewan.Tinggal di zaman seperti sekarang kita harus benar-benar bersyukur. Bayangkan jika manusia yang sekarang lahir di zaman puluhan juta tahun lalu. 

Kita bakal jadi bulan-bulanan para hewan-hewan raksasa. Entah digigit nyamuk sebesar telapak tangan atau disengat kalajengking yang besarnya sama seperti anjing. Berikut akan kami jabarkan 6 Hewan yang miliki badan seperti Raksasa:

1. Arthropoda Terbesar : Kepiting Laba - laba Jepang


Laba - Laba Kepiting

Kepiting laba-laba Jepang adalah spesies kepiting laut yang hidup di perairan sekitar Jepang. Memiliki rentang kaki terbesar dari arthropoda apapun, mencapai hingga 3,8 meter (12 kaki) dan berat hingga 41 pon (19 kg). Di habitat alamnya, kepiting laba-laba Jepang memakan bangkai kerang dan hewan dan dapat hidup sampai 100 tahun.

2. Predator Darat Terbesar : Spinosaurus


spinosaurus

Adalah Spinosaurus yang diakui sebagai predator darat paling besar di Bumi. Ciri fisiknya sendiri hampir mirip T-Rex, namun ia punya tanda khas yakni sebuah lengkungan di bagian punggungnya. Karnivora satu ini diprediksi hidup di zaman 112-87 juta tahun lalu. 


spinosaurus manusia

Panjang tubuh dari kepala sampai ekor adalah 18 meter. Sedangkan beratnya sendiri mencapai 9 ton. Hmm, untung sudah punah.

3. Predator Laut Terbesar : Carcharodon Megalodon

Carcharodon Megalodon


Hewan satu ini adalah nenek moyang hiu modern yang memiliki panjang tubuh mencapai 20 meter. Berat tubuhnya sendiri bisa mencapai 103 ton. Kalau dibandingkan ukurannya dengan manusia, maka tinggi kita hanya 3/4 dari panjang sirip atasnya saja. 


Carcharodon Megalodon

Carcharodon Megalodon sendiri sering dikatakan masih ada hingga sekarang.

4. Ikan Bertulang Tegak Terbesar : Leedsichthys Problematicus


Leedsichthys Problematicus


Maksudnya bertulang tegak di sini adalah ikan yang mempunyai struktur rangka tegak lurus. Misalnya ikan-ikan konsumsi seperti tuna, tongkol dan sebagainya. Nah, untuk kelas spesies ini yang paling besar bernama Leedsichthys Problematicus. Hewan ini diperkirakan hidup di 170 juta tahun lalu.


Leedsichthys Problematicus
Panjang tubuhnya sendiri mencapai 21 meter dengan berat 50 ton. Ikan ini juga bisa digolongkan sebagai predator karena ia memburu ikan-ikan kecil. Bayangkan jika ikan ini masih ada, mungkin akuarium sea world bakal lebih sangar lagi.

5. Mamalia Darat Terbesar : Paraceratherium


Paraceratherium

Gajah jadi mamalia darat terbesar di era kekinian. Hewan cerdas dan setia kawan itu memiliki bobot 6 ton dengan tinggi tubuh mencapai 4 hingga 5 meter. Nah, jika si telinga lebar jadi yang terbesar saat ini, lalu siapa mamalia daratan terbesar yang pernah ada? Jawabannya adalah Paraceratherium.


Paraceratherium

Makhluk ini punya bentuk seperti tapir namun berbadan kekar seperti badak serta karakteristik kaki mirip dengan gajah. Paraceratherium sendiri punya panjang tubuh 8 meter dengan berat rata-rata 30 ton. Hewan yang mungkin jadi leluhur gajah dan badak ini hidup 37-23 juta tahun lalu.

6. Hewan Terbesar Yang Pernah ada : Amphicoelias Fragillimus

Blue Whale sudah membuat kita geleng-geleng kepala lantaran besarnya yang tak masuk di akal itu. Namun siapa sangka jika masih ada satu hewan lagi yang lebih besar dari itu dan sekaligus menjadi yang paling besar sepanjang masa. Makhluk ini bernama Amphicoelias Fragillimus.


Amphicoelias Fragillimus

Hewan ini berkaki empat dengan bentuk tubuh buntal namun sangat besar. Namun yang jadi ciri khasnya adalah leher dan ekor yang panjang sekali. Kira-kira berapa panjang hewan ini? 58 meter! Berat badannya sendiri juga mencapai 122 ton. Jika dibandingkan manusia, maka kita hanyalah setengah dari panjang kaki sampai lututnya saja. Hewan besar ini bergerak dengan lambat dan pemakan tumbuh-tumbuhan.


Komentar Anda


Back To Top